Jumat, 21 Desember 2018

Cara Paling Mudah Membuat Pupuk organik Sendiri Dari Sampah Organik

Distributor Kantong Sampah Plastik - Lim Corporation


Definisi dari Sampah adalah material sisa yang tak lagi digunakan setelah berakhirnya suatu proses. Sampah di Indonesia sudah menjadi fenomena masalah yang masih belum terselesaikan secara efektif, bahkan berbagai strategi telah dilakukan baik oleh pemerintah, ataupun lembaga serta para pegiat lain-lainya. Minimnya masyarakat yang masih rendah untuk mengolah sampah, menjadi salah satu persoalan paling besar didunia yang selalu menjadi alasan terjadinya dampak buruk dari sampah. Sementara, sampah baru selalu dihasilkan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Sampah sendiri dibedakan menjadi 2 jenis yakni sampah anorganik dan sampah organik. Sampah anorganik berwujut seperti bentuk plastik, kaleng, karet, seng, logam, besi dan bahan - bahan lainnya. Bahkan di beberapa daerah telah ada yang bisa menghasilkan barang kerajinan yang dibuat dari bahan-bahan sampah anorganik. Sementara untuk sampah organik seperti daun gugur, sampah sisa pertanian, sampah sayuran, dan jenis sampah organik lainnya. Dapat dikelolah sendiri oleh masyarakat menjadi pupuk kompos, yang tentunya akan memberikan manfaat yang lebih terhadap masyarakat.

Pupuk kompos bisa digunakan sendiri sebagai pupuk pertanian ataupun pemeliharaan tanaman untuk masyarakat. Pupuk kompos juga memiliki nilai ekonomis serta peluang usaha yang bisa dikembangkan. Sebuah nilai tambah yang bisa diperoleh dari pengolahan sampah organik menjadi pupuk kompos. Berikut adalah tahapan untuk mengolah sampah organik hingga menjadi pupuk kompos.

Menyiapkan Bahan-bahan Untuk Pembuatan Kompos

Untuk membuat pupuk kompos dari bahan dasar sampah organik caranya bisa dibilang cukup mudah dengan menggunakan alat-alat yang sederhana. Untuk membuat pupuk kompos anda memerlukan bahan sampah organik, seperti daun gugur, sisa sayuran, rumput, atau bisa juga sampah sisa pertanian. Untuk memperoleh pupuk kompos yang bagus dan baik, lebih baiknya sampah organik yang diolah berasal dari jenis dedaunan. Selain sampah organik, dalam pembuatanya pupuk kompos juga harus dicampur dengan pupuk kandang seperti kotoran kambing atau kotoran sapi. serta juga memakai larutan gula dan bakteri fermentasi yang dapat kita peroleh dari larutan EM4, yang banyak tersedia di toko pertanian.

Baca Juga :
Cara pembuatan Pupuk Kompos

O- Pertama siapkan Sampah organik seperti daun gugur, sisa sayuran, rumput serta sampah lainnya, potong hingga berbentuk kecil-kecil. Semakin kecil hasil pemotongan akan semakin baik, karena berpengaruh pada cepatnya proses pembusukan.

O- Campurkan bahan-bahan yang sudah dipotong kecil dengan pupuk kandang, pupuk kandang yang mudah digunakan adalah kotoran kambing. Campurkan sampah organik serta kotoran kambing dengan komposisi 3:1.

O- Siapkan setengah gelas larutan gula atau 100 ml (bisa dibuat dari gula pasir serta air biasa), atau menyesuaikan banyaknya bahan sampah organik yang ada.

O- Siapkan 10 ml larutan EM4, jika anda ragu takarannya bisa dilihat cara penggunaannya yang tercantum dalam botol atau menyesuaikan banyaknya bahan yang akan dibuat.

O- Bahan pupuk kompos yang telah dicampur menggunakan kotoran kambing,kemudian disiram menggunakan larutan gula serta larutan EM4, lalu campurkan sampai merata hingga bahan menjadi basah atau lembab. Jika perlu percikkan air secukupnya agar semua bahan menjadi cukup basah.

O- Bahan pupuk kompos yang sudah selesai dicampur, kemudian dimasukan ke dalam wadah, bisa menggunakan bak penampungan, karung, atau plastik besar. Lama proses fermentasi dari bahan hingga pupuk siap dipakai sekitar 2 sampai 3 bulan, sebab itu untuk mempercepat prosesnya setiap 2 minggu 1 x bahan-bahan tersebut dibolak-balik dan percikkan air secukupnya untuk menjaga supaya tetap basah.

O- Jika anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya pembuatan pupuk kompos dilakukan secara periodik. Sehingga pemanfaatannya dapat digunakan secara berkelanjutan dan sampah organik tak perlu dibuang, sebab kita telah bisa mengambil manfaatnya dengan mengolahnya menjadi pupuk kompos.

jual kantong sampah plastik
* Info selengkapnya mengenai harga Kantong Sampah klik DISINI

Jika anda membutuhkan dan memerlukan Kantong Sampah untuk tempat sampah atau untuk digunakan lainya, dengan harga yang murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja. (Minggu dan Hari Besar Kami Tutup).

Customer Service :
Telp : 031 - 8830487
Mobile : 0852 3392 5564 / 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950
Email : limcorporation2009@gmail.com
Whatsapp : Admin 1 | Admin 2 | Admin 3

Catatan:
- minimal order 300 kg/ukuran/warna, ukuran custom
- harga netto (tdk termasuk PPN)
- harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
- harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar