Jumat, 08 Februari 2019

Budidaya Labu Siam Dapat Berbuah Banyak


DISTRIBUTOR KANTONG SAMPAH PLASTIK- Lim Corporation


Labu siam juga bisa ditanam didataran rendah dan bisa di tanam dataran tinggi. Kadungan nutrisi dalam labu siam sangat banyak kandungan yaitu vitamin C, vitamin B Kompleks, Asam folat, fosfor, zat bes, seng, mangan dan tembaga. Dengan perbanyak kandungan ini mengkonsumsi labu siam akan memberikan manfaat kepada kita yaiutu menjaga kadar kolesterol, menjaga kesehatan tubuh, menurunkan tekanan darah tinggi, dan anti kanker.

Cara Menaman Labu Siam: 

1. Persiapan Lahan

- Kasih Terpapar sinar matahari minimal 8 jam dalam waktu sehari
- Memiliki banyak kandungan unsur hara yang cukup
- Dekat dengan sumber air

2. Penggemburan Tanah

Cara kedua labu siam ialah melakukan penggemburan tanah. Agar akar tanaman labu siam nanti bisa tumbuh menyebar dan mudah menyerap nutrisi dalam tanah kita harus memastikan kondisi tanah pada area perakarannya yang sudah gembur. Pada saat menggemburkan tanah juga akan meratakan kandungan unsur hara didalam tanah. Kita harus gunakan cangkul atau mesin bajak yang bisa untuk menggemburkan tanahnya. 

3. Pemberian Pupuk Dasar

Pemberian pupuk yang berfungsi untuk menambah suplai kandungan nutrisi didalamnya tanah selama tanaman labu siam hidup dilahan. Pupuk yang kita gunakan pada dasar digunakan pupuk kandang. Namun kita bisa memanfaatkan pupuk organik lainnya. Kita bisa kasih tambahan pupuk NPK jika saat menanam dimusim kemarau. 

- Tanah yang sudah digemburkan tadi kemudian dibentuk alur-alur tanam (bedengan) dengan bagian tengahnya dibuat lubang memanjang sepanjang alur tanam.
- Kita disiapkan pupuk kandangnya lalu ditaburkan disepanjang lubang alur tanam.
- Disembarkan pupuk NPK 15-15-15 diatasnya dengan tipis-tipis saja. (Jangan terlalu beri pupuk NPK terlalu banyak)
- Campurkan pupuk kandang dan NPK menggunakan cangkul agar merata dengan tanah
- Tutup kembali lubang dan dengan bentuk bedengan dengan baik.

4. Persiapan Bedengan

Menanam labu siam dengan tinggi bedengan adalah sekitar 10-20 cm dengan lebar antara 40-60 cm. Bedengan yang sudah kita siapkan kemudian harus segera dilapisi plastik mulsa agar mengurangi penguapan air dan mencegah tumbuhnya gulma (rumput liar) dapat mencuri nutrisi dalam tanah bedengan.

BACA JUGA: 
5. Persiapan Benih

Setelah bedengan siap maka cara menanam labu siam yang selanjutnya ialah dengan mempersiapkan benihnya. Tanaman labu siam yang secara generatif, artinya dibibit melalui bijinya. Urutan persiapan Benihnya ialah sebagai berikut :

Pemilihan Biji Labu Siam

- DiPilih biji dari buah labu yang sudah matang atau yang sudah hampir busuk. Diusahakan buah labu yang normal dan berukuran besar.
- Dicuci sampai bersih biji labu siam kemudian jemur dijemur dimatahari kurang lebih 3 jam.
- Setelah sudah kering biji bisa disimpan pada tempat wadah yang sejuk dan teduh.

6. Penanaman Bibit Labu Siam Pada Bedengan

Setelah bibit labu siam sudah berumur satu minggu atau lebih maka pindahkan bibit ke bedengan. 

- Siramlah bedengan agar tetap basah terlebih dahulu
- Dibuat dengan lubang tanam pada plastik mulsa bedengan dengan kedalaman sekitar 10 cm
- Siramlah lubang dengan insektisida agar menghindari serangan serangga dan jamur pada akar.
- Dilakukan kita pada pemindahan bibit pada sore hari untuk menghindari tanaman layu diterik panas waktu siang.
- Usahakan penanaman bibit selesai dalam satu waktu
- Lakukan penyulaman selama lima hari pertama. Segera diganti bibit yang mati. Tujuannya penyulaman ini bisa menyamakan pertumbuhan tanaman agar merata.

7. Perawatan Tanaman Labu Siam

- Penyiraman
Yang kita lakuakan dalam sekala menjaga suplai air bagi tanaman. Pada waktu saat masa-masa awal (1 bulan pertama) dan penyiraman dapat kita  lakukan dalam 1 minggu sekali atau menyesuaikan cuaca. 

- Pemupukan Susulan
Digunakan pada pertumbuhan tanaman atau menambah nutrisi tanah setelah panen labu siam. Pemupukan susulan dapat kita lakukan pada bagian akar daun tanaman. Pada bagian akar digunakan larutan NPK 15-15-15 dengan air (setiap 35 Liter air dapat dilarutkan satu gelas NPK 15-5-15). Di Kocorkan pada bagian akar dengan interval 10 hari sejak hari pertama bibit ditanam ke bedengan.

- Pemupukan pada daun dilakukan dengan sprayer (alat semprot) yaitu dengan menambahkan pupuk organik cair dengan dosis sesuai keterangan. Kita lakukan dengan interval 7-10 hari sekali. Pada saat musim hujan tanaman akan tumbuh subur karena air hujan mengandung banyak nitrogen. Untuk pupuk susulan bisa dikurangi jika terlihat tanaman subur.


- Pemberian Untuk Rambatan

Labu siam ditanam melalui merambat dengan buah tergantung. Kita perlu memberikan ajir bagi tanaman yang sudah berumur sekitar 2 minggu setelah tanam. Gunakan sepotong kayu dapat kita buat menggunakan bambu atau kayu yang disusun dan jaring tali agar area bisa  rambat tanaman labu siam semakin luas. Buah yang dihasilkan akan banyak kondisi sempurna dan tidak mudah busuk ketimbang pada tanaman labu yang dibiarkan menjalar di tanah

8. Cara Panen Labu Siam

Pada saat panen labu siamL sekitar tanaman berumur 120 hari (4 bulan).  Buah labu siam yang dapat dipanen adalah buah yang cukup besar dan tua namun belum sampai matang. Karena labu siam kebanyakan dijadikan sayur.  

Panen Setelah Penyiraman
Lakukan panen buah labu siam selang dari 1-2 hari setelah penyiraman. Agar Labu Siam juga berbuah menhasilkan memiliki kadar air yang tinggi sampai labu siam bisa menjadi buah yang lebih berat pada saat kita timbang.

Lakukan Panen Pada Pagi Hari
Panen ini menjaga kadar air dari buah yang dipetik. Luka pada tangkai akan cepat kering. kita harus hindari panas pada siang hari karena kadar air buahnya sudah menyusut.

JUAL KANTONG SAMPAH PLASTIK MURAH

* Info Lebih Lengkap Mengenai Harga Kantong Sampah Plastik klik link berikut ini http://bit.ly/hargakantongsampah

Apabila Anda Membutuhkan Dan Ingin Memesan Kantong Sampah Plastik untuk dibawa saat wisata atau digunakan untuk yang lainnya dengan harga murah silakan Anda menghubungi kami melalui SMS/CALL pada hari dan jam kerja (Minggu dan hari besar TUTUP)

Customer Service:
Telp: 031- 8830487 (Jam Kerja 08.00 - 16.00 WIB)
Mobile: 0877 0282 1277 / 0812 3258 4950 / 0852 3392 5564
Email: limcorporation2009@gmail.com

Atau chat langsung dengan admin klik salah satu tautan berikut:

CATATAN:
- minimal order 300 kg/ukuran/warna, ukuran custom
- harga netto (tdk termasuk PPN)
- harga franco Surabaya, belum termasuk ongkos kirim ke kota tujuan
- harga tidak mengikat, bisa berubah setiap waktu




2 komentar:

  1. permisi min numpang share ya :)
    Hayyy guys...
    sedang bosan di rumah tanpa ada yang bisa di kerjakan
    dari pada bosan hanya duduk sambil nonton tv sebaiknya segera bergabung dengan kami
    di DEWAPK agen judi terpercaya di add ya pin bb kami D87604A1 di tunggu lo ^_^

    BalasHapus
  2. Numpang promo ya Admin^^
    ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    ayo segera bergabung dengan kami di ionpk.club ^_$
    add Whatshapp : +85515373217 || ditunggu ya^^

    BalasHapus